Thursday, December 14, 2017

Google Tampilkan Tren Pencarian di Sepanjang Tahun 2017

google tampilkan tren pencarian
Google's Year in Search 2017 (Sumber: Google)

Akhir tahun merupakan waktu dimana berbagai media akan berlomba mengemas dan menghadirkan berbagai konten yang substansinya berupa refleksi dari satu tahun terakhir yang telah berjalan.

Tidak berbeda dengan media-media yang ada baik media cetak maupun media elektronik, Google, raksasa internet terbesar di dunia baru saja menghadirkan "Google's Year in Search", sebuah refleksi dan "kaleidoskop" akhir tahun tentang apapun yang dicari orang-orang di laman Google.

Tayangan khusus ini tampil di laman Google Trends, salah satu layanan yang disediakan Google untuk membantu netizen mengakses infromasi-informasi terkini yang sedang menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

Ketika pertama kali membuka laman ini, anda akan disuguhi dengan sebuah video dalam header halaman tersebut, dengan font berukuran besar bertuliskan "Year in Search 2017". Tentu saja anda akan langsung paham, bahwa yang disajikan saat ini dalam laman tersebut merupakan kompilasi/ringkasan dari tren pencarian di laman Google, sepanjang tanhun 2017.

Jika anda sempat menonton video yang ditampilkan, anda akan melihat bahwa ternyata banyak hal yang dicari oleh para pengguna Google sebagai search engine terbesar saat ini. Mulai dari pertanyaan yang serius, sampai dengan pertanyaan yang mungkin sepele ataupun absurd seperti "how to be a superhero".

Namun demikian, dari cuplikan pertanyaan dan search terms yang dicatat oleh Google dan ditampilkan di video tersebut, kita bisa tahu bahwa ternyata banyak manfaat yang telah disumbangkan oleh mesin pencari ini untuk kemajuan masyarakat seperti misalnya bagaimana orang-orang menggunakan Google untuk berpartisipasi dalam berbagai gerakan kemanusiaan.

Di Indonesia sendiri, menurut catatan dari Google Trends, tahun 2017 ini dipenuhi dengan berbagai topik pencarian yang sangat beragam, mulai dari pencarian terkait musik, film, politik, serta event besar semacam event olahraga.

Volume pencarian terbesar untuk Tokoh di wilayah cakupan Indonesia, menurut catatan Google Trends didominasi 5 (lima) nama tokoh secara berurutan yaitu Habib Rizieq, Novel Baswedan, Annisa Hasibuan, Jokowi, dan Anies Baswedan.

Sementara itu, dalam kategori peristiwa nasional, secara berurutan dari nomor 1 sampai dengan urutan ke-5 diduduki oleh term pencarian tentang Gunung Agung, First Travel, Bom Kampung Melayu, Saracen, dan Suku Mante.

Pada kategori peristiwa internasional, 5 peristiwa teratas yang mendapat sorotan di wilayah cakupan Indonesia adalah peristiwa yang menimpa suku Rohingya, Kim Jong Nam, Pesawat Luar Angkasa Cassini, upaya pemisahan Catalonia dari Spanyol, serta Badai Irma.

Pencarian yang cukup menarik ada pada kategori pertanyaan, dimana pada laman Google Trends dikelompokkan dalam kategori "Apa Itu..." dan "Cara Menjadi...".

Dalam kategori "Apa Itu...", beberapa hal rupanya cukup menyita perhatian netizen karena mungkin dinilai sebagai sesuatu yang penting untuk diketahui, seperti misalnya: Rubella, Ransomware, Kanker Serviks.

Namun demikian, ada juga pertanyaan dalam kategori ini yang mungkin muncul lebih karena rasa keingintahuan yang besar dan bukan pada kesadaran akan pentingnya pengetahuan akan suatu hal, yang ditandai dengan munculnya trend pencarian kata "Kids Jaman Now" dan "Fidget Spinner".

google tampilkan tren pencarian
Tren pencarian Google di Indonesia sepanjang 2017 (Sumber: Google)


Di sisi lain, mungkin kita boleh mengapresiasi netizen Indonesia, dengan jenis pertanyaan yang ditanyakan netizen dalam kategori "Cara Menjadi...". Hal ini dikarenakan jenis pertanyaan yang muncul mengindikasikan pergeseran pola pikir (sebagian) masyarakat (khususnya yang memiliki akses internet berlebih) menuju ketertarikan pada pengembangan sektor-sektor ekonomi informal.

Beberapa pertanyaan paling nge-hits di tahun 2017 yang diinput netizen ke dalam search form Google dalam kategori ini antara lain: Cara menjadi Selebgram, cara menjadi youtuber, cara menjadi blogger, cara menjadi Driver GO-JEK, dan cara menjadi Pengusaha Sukses.

Sementara itu, pada urutan ke-6 hingga ke-10, frase pencarian yang banyak dipakai dalam kategori ini adalah: cara menjadi agen Bukalapak, cara menjadi reseller online shop, cara menjadi Driver Grab, cara menjadi Penjual Lazada, dan cara menjadi Muser (musical.ly user).

Semoga ini menjadi pertanda kebangkitan entrepreneurial thinking di kalangan pemuda dan pemudi Indonesia ya :).

Jangan lupa like dan bagikan ya agar semakin banyak orang tahu!



No comments:

Trending Now in Indonesia

This Blog is protected by DMCA.com

Featured

BostonDynamics Lakukan Tes Kemampuan SpotMini

Popular