Tuesday, December 19, 2017

5 Peluang Bisnis Online dan Usaha Rumahan Modal Kecil Tahun Ini

peluang bisnis online usaha rumahan modal kecil
Peluang bisnis online dan usaha rumahan modal kecil (Sumber: muneebfarman - pixabay.com)

Apabila anda perhatikan beberapa tahun belakangan, nampak adanya pergeseran pola bisnis yang diambil oleh berbagai industri. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat dalam 15 tahun terakhir telah membawa perubahan besar baik dalam pola produksi, marketing, maupun pola konsumsi masyarakat.

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah "bisnis online" maupun "usaha rumahan". Berdasarkan data dari Google, ternyata rata-rata volume pencarian dua istilah itu mencapai jumlah yang cukup besar, yaitu 10 ribu hingga 100 ribu pencarian.

Hal ini paling tidak menunjukkan adanya kebutuhan yang cukup tinggi akan informasi mengenai peluang bisnis online maupun usaha rumahan modal kecil. Gambaran ini cocok dengan statistik yang ditunjukkan dari data BPS dimana jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan dari tahun 2007 hingga tahun 2017 menurun sekitar 10.000 jiwa, namun demikian jumlahnya masih tinggi yaitu sekitar 27 ribu orang.

Hal inilah yang mendorong saya mencoba menulis artikel mengenai "5 Peluang Bisnis Online dan Usaha Rumahan Modal Kecil Tahun Ini".

Tahukah anda, bahwa berdasarkan tren yang ada ternyata retail-retail besar beberapa tahun belakangan mengalami kesulitan penjualan meskipun gerai mereka bertaburan di berbagai kota di Indonesia?

Laporan dari Kompas menyebutkan, bahwa banyak ritel besar mengalami kesulitan penjualan dikarenakan persaingan usaha yang begitu ketat di kota-kota besar di Indonesia khususnya di bidang ritel. Akhirnya, menurut salah satu pakar ekonomi Indonesia, Rheinald Kasali sebagaimana dikutip Kompas, muncul pola penjualan online untuk mengatasi persaingan yang makin ketat tersebut.

Nah, bagi anda yang ingin ikut berkecimpung dalam dunia usaha atau baru akan memulai usaha anda, baik usaha utama maupun usaha sampingan, beberapa peluang bisnis online dan usaha rumahan modal kecil berikut ini dapat menginspirasi anda!

1. Bergabung dengan Online Marketplace Terkenal dan Menjadi Pedagang Aktif

Bergabung dengan online marketplace terkenal merupakan salah satu jalan yang banyak dilakukan orang-orang yang mulai terjun ke dunia bisnis online. Dengan menjadi penjual online di salah satu marketplace yang sudah terkenal seperti misalnya Bukalapak, Tokopedia, Olx, dan lain sebagainya kita bisa memperluas peluang penjualan kita.

Mengapa peluang penjualan kita akan semakin luas bila bergabung dengan online marketplace? Hal ini dikarenakan traffic yang sangat tinggi menuju web-web tersebut.

Berdasarkan informasi dari laman Alexa, salah satu web paling terpercaya dalam statistik trafik di dunia internet, Tokopedia dan Bukalapak secara berurutan berada pada ranking ke-6 dan ke-7 di Indonesia dan urutan 182 dan 249 dalam Global Rank Alexa dengan total trafik dari search engine yang cukup tinggi.

Dari pantauan detikcom pada medio 2017 lalu volume transaksi Bukalapak per bulan mencapai 1 triliun. Tentunya ini menjadi berita baik bagi anda yang ingin bergabung menjadi penjual online.

Meskipun menurut banyak pihak daya beli masyarakat mengalami penurunan, peluang bisnis online dan usaha rumahan model kecil ternyata masih cukup menjanjikan.

Anda dapat memulai dengan menjual produk-produk dengan range harga yang tidak terlalu tinggi dan jenis produk yang sedikit.

Setelah penjualan stabil, cobalah untuk menambah opsi akan tetapi masih pada jenis produk yang sama. Spesialisasi akan semakin memudahkan calon pembeli untuk menemukan toko online anda dan produk anda. Selain itu, calon pembeli tentu akan melihat konsistensi dari toko anda sehingga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap penjual.

Anda tertarik?

2. Menjual Skill Anda di Internet dengan UpWork maupun Fiverr

Selain bergabung menjadi pedagang online, masih ada peluang bisnis online yang lain.

Seperti halnya menjadi pedagang online, berusaha dari rumah dengan menjual skill dan kemampuan anda di internet juga membutuhkan kerja keras dan konsistensi.

Kabar baiknya, untuk memulai bisnis online ini modal yang anda perlukan masih lebih sedikit dibandingkan bila anda menjadi penjual online. Hal ini karena yang anda jual adalah skill anda dan bukan barang fisik.

Jenis skill yang 'dijual' di internet pun meliputi berbagai bidang. Anda dapat menjual skill anda dalam membuat logo, desain grafis dan desain produk, jasa menulis artikel, jasa penerjemah, jasa drafting gambar arsitektur, asisten online, dan lain sebagainya.

Nah, ada dua aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk membantu anda merebut peluang bisnis online dan usaha rumahan modal kecil ini. Dua aplikasi tersebut adalah "UpWork" dan "Fiver" yang tersedia di Android maupun iOS.

Cara memulainya cukup sederhana, anda tinggal melakukan registrasi/pendaftaran pada salah satu atau dua platform tersebut, melengkapi data diri dan informasi mengenai skill yang anda tawarkan dan mulai menayangkannya online.

Anda kemudian dapat secara aktif mencari pekerjaan-pekerjaan freelance yang ditawarkan oleh pihak lain. Apabila ada menemukan pekerjaan yang sekiranya sesuai untuk anda, anda dapat apply pekerjaan tersebut dan mengirimkan proposal anda untuk kemudian biasanya dilakukan interview. Jika terpilih, biasanya pemberi kerja akan menghubungi anda untuk membicarakan pelaksanaan pekerjaan lebih lanjut.

Anda dapat langsung menuju websitenya untuk melakukan pendaftaran dengan klik gambar di bawah ini:

Fiverr

3. Jika Anda Hobi Fotografi, Cobalah Menjual Foto Anda di Shutterstock atau Foap

Anda hobi fotografi? Atau anda merupakan orang yang gemar mengumpulkan foto dokumentasi berbagai hal menarik di sekitar anda sebanyak mungkin?

Barangkali model bisnis online yang satu ini cocok untuk anda.

Ya, para penyuka fotografi dan desainer grafis dapat menjual foto-fotonya yang tidak terpakai (stok) melalui beberapa situs online yang cukup terpercaya. Jangan biarkan file foto-foto anda hanya memenuhi harddisk dan tidak anda manfaatkan.

Beberapa laman di internet menawarkan kerjasama dengan para fotografer maupun desainer grafis dengan skema contributor. Laman tersebut antara lain Shutterstock, iStock photo, Foap, Getty Images, dan sebagainya.

Anda yang berminat, dapat mendaftarkan diri anda sebagai kontributor pada salah satu atau beberapa laman tersebut. Dengan menjadi kontributor, anda berkesempatan menjual foto anda kepada publik secara lepas (free royalty). Calon pembelinya pun berasal dari seluruh dunia.

peluang bisnis online usaha rumahan modal kecil
Salah satu foto yang dijual di Shutterstock (Sumber: shutterstock.com)
Meskipun secara individual satu buah foto yang dijual lepas hanya dihargai sekitar 25 sen ($ 0.25), anda tak perlu risau karena anda dapat menjual satu foto berkali-kali kepada banyak pembeli.

Skema ini justru memungkinkan seorang fotografer kontributor yang tergabung dengan salah satu laman tersebut mendapatkan penghasilan yang cukup banyak hanya dengan menjual stok foto miliknya.

Apalagi saat ini Shutterstock dan laman sejenis telah menerapkan skema subscription bagi para anggotanya/calon pembeli. Dengan skema ini, anggota/calon pembeli foto mau tidak mau akan menghabiskan "jatah" (slot) downloadnya tiap bulan, sehingga semakin memperbesar kemungkinan foto anda akan didownload dan mendapatkan share berupa pundi-pundi dolar di rekening anda.

Hanya saja, beberapa laman menerapkan kriteria review yang sangat ketat. Sebagai contohnya Shutterstock yang menerapkan standar review yang cukup tinggi.

Apabila anda telah bergabung dengan Shutterstock, jangan kaget bila foto yang anda kirimkan banyak mendapatkan penolakan dari blind reviewer karena tidak memenuhi beberapa kriteria.

Jika anda tertarik, anda dapat mendaftar di Shutterstock melalui laman ini. Jangan lupa untuk mempersiapkan scan paspor anda yang masih berlaku sebagai syarat mendaftar di Shutterstock.

4. Dapatkan Komisi Menggiurkan sebagai Affiliate Marketer

Pernah mendengar istilah affiliate marketing?

Ya, bahasa sederhana yang dapat dipakai untuk menjelaskan istilah affiliate marketing tersebut adalah "makelar".

Salah satu peluang bisnis online dan usaha rumahan modal kecil adalah dengan mendaftar sebagai affiliate marketer di salah satu jaringan afiliasi baik nasional maupun internasional.

Beberapa jaringan afiliasi terkenal yang dapat menerima anda sebagai salah satu affiliate marketer antara lain Rakuten (linkshare), Admitad, Lazada, blibli (lazada dan blibli tergabung dalam hasoffers affiliate network), ataupun accesstrade.

Apabila anda mendaftar di salah satu jaringan tersebut, anda otomatis diberikan akses menuju dashboard pengaturan akun afiliasi anda. Dengan fitur tersebut, anda bisa menambahkan unit iklan yang anda sebarkan baik unit iklan banner, deeplink, maupun text/email.

peluang bisnis online usaha rumahan modal kecil
Lazada affiliate program (Sumber: lazada.com)

Rentang komisi untuk masing-masing penyedia layanan bervariasi, akan tetapi cukup menggiurkan. Anda hanya perlu rajin-rajin online dan menyebarkan iklan anda secara sopan (tanpa harus melakukan spamming).

Bagaimana caranya? Anda dapat melakukannya misalkan dengan membuat blog yang bermanfaat bagi orang banyak dan menyertakan unit iklan afiliasi anda di sana. Selain itu anda juga dapat memanfaatkan kanal-kanal media sosial untuk menyampaikan iklan ke follower anda.

Kreatiflah dalam membuat konten dan menyertakan unit iklan afiliasi anda di konten tersebut. Niscaya selain Click Through Rate (CTR) (prosentase klik valid yang terjadi terhadap total jumlah impresi ikaln pada pengunjung) tinggi, tentunya jika anda kreatif Conversion Rate (CR) (prosentase jumlah action/sales) juga akan tinggi.

Anda pun dapat melakukan pemasaran dengan sistem ini dari mana pun (rumah, cafe, tempat lain) tanpa harus terkungkung pada satu tempat kerja/kantor. Selain itu, peluang bisnis online ini termasuk usaha rumahan modal kecil, karena sejatinya yang anda perlukan hanyalah peralatan seperti komputer, modem, dan paket internet.

Anda tertarik? Anda dapat mendaftar ke salah satu jaringan afiliasi marketing Lazada di sini (review selama satu jam sebelum ada keputusan diterima atau tidak), atau daftar Admitad (langsung diterima dan dashboard langsung aktif) di sini.

5. Sebarkan Manfaat dan Dapatkan Pendapatan Tambahan dengan AdSense

Nah, tips nomor lima ini adalah salah satu peluang bisnis online dan usaha rumahan modal kecil yang sedang hits akhir-akhir ini.

AdSense sendiri merupakan layanan dari Google AdSense, salah satu bagian dari Google.

Google AdSense memungkinkan anda menampilkan iklan-iklan dari para advertisers di website anda atau channel youtube anda.

peluang bisnis online usaha rumahan modal kecil
Google AdSense (Sumber: ppcanswers.info)

Anda tidak harus membeli domain dan berlangganan hosting agar dapat mendaftar ke layanan Google AdSense ini. Cukup dengan website blogger yang rutin anda kelola dan isi dengan baik dapat anda daftarkan ke program Google AdSense.

Tentu apabila anda mendaftar dengan akun blogger maupun YouTube, setelah permohonan anda direview dan disetujui, anda hanya akan mendapatkan akses terhadap akun Google AdSense hosted. Hal ini dikarenakan blogger.com maupun youtube.com merupakan anak dari Google sendiri.

Kelemahan dari akun Google AdSense hosted adalah bahwa kode iklan yang ada hanya bisa dipasang pada laman/channel tersebut dan tidak bisa dipasang di tempat lain (misal jika anda membuat web baru dan channel youtube baru setelah anda mendapatkan akun Google AdSense hosted) anda tidak dapat memasang kode iklan tersebut di web baru anda.

Nah, lain halnya jika anda mendaftar dengan website yang memiliki domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .org, .id, .net, dan sebagainya. Jika domain anda adalah domain TLD, maka anda akan mendapatkan akun non-hosted.

Artinya, anda dapat menggunakan kode iklan yang dihasilkan dari satu akun AdSense tersebut untuk berbagai kanal anda (website dan YouTube channel) meskipun kanal atau website tersebut adalah web dan channel baru yang dibuat setelah anda terdaftar AdSense.

AdSense sedikit berbeda dengan affiliate marketing. Jika affiliate marketing menggunakan skema CPA (Cost per Action/pembayaran komisi berdasarkan aksi yang dilakukan calon konsumen, misal  mendaftar/register, membeli, dan sebagainya), maka Google AdSense menggunakan skema CPC (Cost per Click) sehingga advertisers membayar publisher (anda) per klik valid pada unit iklan yang ditayangkan.

Hal inilah yang mungkin menyebabkan banyak pihak lebih memilih mendaftar program dari Google ini ketimbang mendaftar sebagai affiliate marketer.

Nah, bagaimana anda tertarik dengan berbagai peluang bisnis online dan usaha rumahan modal kecil tersebut? Ayo daftar dan mulai usaha anda! :)

Jangan lupa like dan share sehingga lebih banyak orang tahu ya!


No comments:

Trending Now in Indonesia

This Blog is protected by DMCA.com

Featured

BostonDynamics Lakukan Tes Kemampuan SpotMini

Popular