Saturday, February 10, 2018

Ingin Usaha Sampingan, Tapi Tak Punya Modal? Mungkin Bisnis Ini Jawabannya!

Salah satu kunci memulai bisnis adalah action. Jangan terpaku pada rencana. (Sumber: rawpixel - pixabay)

Pernahkah dalam benak anda muncul satu pertanyaan: "ingin usaha sampingan, tapi tak punya modal, usaha apa yang bisa dilakukan?"

Anda mungkin memiliki pertanyaan yang sama dengan ribuan orang lain yang seperti anda: orang yang sedang tidak punya modal, akan tetapi membutuhkan suatu bisnis atau usaha yang dapat menjaga agar dapurnya terus ngebul.

Lalu, adakah jenis usaha yang memang tidak memerlukan modal sama sekali? Jawabannya tentu saja tidak banyak, jika tak boleh dibilang tidak ada. Artinya, anda minimal harus mengeluarkan beberapa rupiah untuk memulai suatu usaha, setidaknya jika usaha yang anda lakukan mensyaratkan anda untuk memiliki akses ke peralatan-peralatan yang akan membantu anda melaksanakan usaha anda.

Namun demikian, ada satu tipe usaha yang hampir tidak memerlukan modal, atau modalnya pun tidak terlalu banyak. Usaha ini yaitu menjadi publisher adsense sekaligus affiliate marketer.

Apa itu publisher adsense dan apa itu affiliate marketer?

Publisher atau konten kreator dalam hal ini adalah seseorang yang memiliki kapasitas untuk menerbitkan kontennya sendiri. Mereka bisa saja para blogger, vlogger, maupun konten kreator jenis lainnya di YouTube misalnya.

Sedangkan affiliate marketer sendiri sebetulnya istilah yang lebih keren untuk seseorang yang menjalankan fungsi sebagai makelar. Affiliate marketer, sebagaimana makelar pada umumnya, memberi nilai tambah dengan membantu mempertemukan pembeli dengan penjual. Penghasilannya dia dapatkan dalam bentuk komisi dari penjual ketika dari calon pembeli benar-benar membeli produk yang dijual (konversi).

Sementara itu, AdSense adalah salah satu produk dari Google berupa layanan jaringan periklanan. Dua pihak dipertemukan oleh Google dalam platform ini, yaitu pengiklan (advertisers) dan penayang iklan (publisher adsense).

Pengiklan membayar kepada Google dengan model pembayaran tertentu yang disepakati (Cost Per Thousand Impression/CPM maupun Cost per Click/CPC). Google kemudian membagi share yang didapat itu kepada para publisher yang berhasil membawa calon pembeli kepada pengiklan.

Internet marketing (Sumber: mohamed_hassan - pixabay)

Nah, untuk menjalankan usaha sebagai publisher adsense setidaknya anda memerlukan:
- akses ke komputer (bisa komputer anda, komputer teman, komputer warnet, dsb)
- biaya koneksi internet (bisa dari wifi gratisan, bisa dari paket data yang anda beli sendiri, atau dari warnet, dsb)
- langganan web gratisan (blogger.com) atau langganan domain dan web hosting berbayar (Top Level Domain/TLD seperti .com, .net, .id, dsb)

Asumsi: jika anda bisa mendapatkan akses ke komputer saudara anda, teman, komputer untuk publik (di kantor desa, perpustakaan, dsb), koneksi internet dari wifi gratis, langganan web gratis di blogger.com, maka anda sudah bisa memulai usaha sebagai publisher AdSense dengan biaya yang bisa dibilang GRATIS, atau tanpa modal (langsung).

Lalu bagaimana, anda bisa mendapatkan penghasilan dengan skema bisnis sebagai publisher AdSense?

Untuk usaha jenis ini, anda akan mendapatkan penghasilan dari harga jumlah impresi per seribu tampilan, atau jumlah klik valid pada iklan AdSense yang anda tampilkan di laman web anda. Hal ini berlaku baik untuk blogger maupun YouTuber.

Sementara, untuk menjalankan usaha atau bisnis dengan tanpa modal dapat juga anda lakukan dengan menjadi affiliate marketer online.

Dengan asumsi bahwa anda bisa mendapatkan akses GRATIS sebagaimana tersebut di atas, dan anda memiliki akses ke blogger.com. Anda juga sudah bisa memulai usaha anda sebagai affiliate marketer.

Anda hanya perlu mendaftarkan diri anda ke jaringan affiliate seperti Rakuten (internasional), Admitad (internasional), Accesstrade (Indonesia/lokal) Ratakan (Indonesia/lokal), Hasoffers (jika anda mendaftar Lazada atau Blibli affiliate program), dan sebagainya.

Untuk usaha jenis ini, anda baru akan mendapatkan penghasilan/komisi jika calon pembeli yang anda pertemukan dengan penjual benar-benar membeli barang/jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, memang menjadi affiliate marketer sedikit lebih susah daripada usaha sebagai publisher adsense.

Lalu, bagaimana cara memulainya?

Untuk mendaftar AdSense, anda dapat memulainya dengan mendaftarkan web anda di sini. Apabila anda menggunakan blogger, anda dapat langsung mendaftarkan blog anda ke AdSense melalui menu di dalam dashboard blogger anda. Hal yang mirip juga berlaku untuk YouTuber yang ingin mengaktifkan monetisasi konten miliknya.

Sedangkan untuk mendaftar affiliate, anda dapat mendaftar di sini untuk Accesstrade, di sini untuk Rakuten, di sini untuk Admitad, di sini untuk Lazada, di sini untuk Blibli, dan di sini untuk Ratakan.

Nah, gampang kan? :)

Bila anda ingin informasi yang lebih lanjut terkait berbagai peluang bisnis dan pilihan bisnis, barangkali penawaran berikut ini dapat anda pertimbangkan:
- Affiliate Marketing Expert - Semacam panduan menjadi ahli affiliate marketing
- 60 Menit Jadi Pengusaha - Panduan singkat menjadi pengusaha
- SEDOTX - Tools para Dropshipper - Ingin mendapatkan data barang paling laku atau banyak dicari? Pakai tool ini!
- Simpel Audiens - Mencari calon target pembeli di FB sekarang menjadi jauh lebih mudah dengan tools ini!


No comments:

Trending Now in Indonesia

This Blog is protected by DMCA.com

Featured

BostonDynamics Lakukan Tes Kemampuan SpotMini

Popular