Monday, February 5, 2018

Punya Modal 1 Juta Rupiah, Usaha Apa yang Cocok?


punya modal sejuta usaha apa
Tangga usaha [ilustrasi] (Sumber: Mohamed_hasan - pixabay)
Mungkin anda termasuk salah seorang yang sering bertanya-tanya, "Punya Modal 1 Juta Rupiah, Usaha Apa ya yang Cocok?"

Saya sendiri termasuk salah satu yang sering memiliki pertanyaan yang senada. Menurut saya, modal sebesar satu juta rupiah sudah lumayan untuk memulai usaha anda sendiri. Kuncinya tidak terletak seratus persen pada seberapa banyak modal yang anda miliki, namun lebih pada seberapa konsisten anda mencoba dan terus berusaha.

Selain itu, hal yang perlu anda ingat lainnya adalah bahwa anda harus realistis dalam memulai usaha, apakah itu usaha online atau usaha offline. Dalam memulai usaha, usaha apapun bisa dilakukan asalkan halal. Anda tak perlu merasa malu atau canggung dalam memulai usaha selama usaha anda adalah usaha yang baik dan halal.

Berikut ini beberapa ide bisnis atau ide usaha yang dapat anda lakukan dengan modal tidak lebih dari satu juta rupiah. Untuk memberikan gambaran, saya memisahkan daftar ini ke dalam dua kelompok, yaitu Ide Bisnis Online dan Ide Bisnis Offline.

A. Ide Bisnis Online Modal Kecil

Beberapa ide usaha online berikut ini dapat anda lakukan dengan modal kurang dari 1 (satu) juta rupiah saja:

1. Buka lapak di Marketplace dan Mulai Berjualan Pernak-Pernik Kecil

Untuk memulai berjualan di situs marketplace online anda hampir tak perlu mengeluarkan biaya, kecuali biaya untuk mulai terkoneksi dengan internet.

Bahkan, saat ini biaya paket data internet pun tergolong sudah cukup murah karena masing-masing provider saling bersaing memberikan pelayanan terbaik dengan harga termurah.

Namun demikian bila anda rasa harga paket data internet masih terlalu mahal, anda dapat menuju ke Warnet untuk mulai mendaftar marketplace online dan mulai berjualan online.

Dengan modal antara 300 ribu rupiah hingga satu juta rupiah, anda sudah bisa mulai menjual hal-hal kecil yang memiliki rentang harga antara 5 ribu rupiah hingga 20 ribuan rupiah.

Tentu saja, semakin jumlah modal anda mendekati 1 juta rupiah anda memiliki keleluasaan lebih besar dalam menentukan barang apa yang akan anda jual nantinya.

Beberapa ide sebagai pancingan awal dapat anda dapatkan langsung dengan melihat-lihat barang apa saja yang dijual di lapak milik para pedagang online tersebut. Misalnya, anda dapat menuju ke laman bukalapak, lazada, tokopedia, olx, dan sebagainya dan mulai mencari pernak pernik barang kebutuhan sehari-hari mulai dari yang berharga paling murah.

punya modal sejuta usaha apa
Kategori produk barang maupun digital di salah satu marketplace (Sumber: tokopedia)

Apabila anda memilih cara ini, pastikan anda fokus dalam menentukan komoditas yang akan anda perjual belikan secara online. Hal ini nantinya akan memudahkan anda bila calon pembeli menghendaki pembelian dalam jumlah yang agak banyak.

Selain itu, untuk suatu usaha/bisnis dengan modal terbatas, adalah lebih mudah dan murah dalam hal handling satu produk saja dibandingkan harus menangani berbagai pernak-pernik kecil yang berbeda jenis dan dalam jumlah yang lumayan banyak.

Contoh produk yang dapat anda tawarkan (Sumber: tokopedia)

2. Beli Hakpen, Beli Benang, Mulai Merajut dan Jual Online

Jika anda termasuk orang yang suka dengan kerajinan tangan dan tergolong penyabar, anda dapat mulai mengisi waktu-waktu luang anda dengan sesuatu yang produktif dan menghasilkan. Salah satu contoh kegiatan yang cukup santai namun bisa menghasilkan adalah merajut.

Anda dapat mulai belajar merajut, membeli hakpen/hook (alat kait untuk merajut), dan benang rajut lalu mulai merajut. Merajut sendiri bukanlah keterampilan yang sulit/rumit. Ada banyak tutorial merajut di internet dan youtube, mulai dari merajut single crochet, half double crochet, double crochet, dan sebagainya. Saya sendiri memiliki ketrampilan merajut setelah mempelajarinya dari internet, untuk kemudian saya ajarkan kepada istri saya.

Keterampilan merajut sendiri saat ini digemari tidak hanya kaum hawa namun juga sudah merambah kepada kaum pria. Kegiatan merajut yang merangkai benang dengan gerakan berulang-ulang dapat menghasilkan efek yang menenangkan dan meredakan stress anda setelah seharian lelah bekerja.

Meskipun dalam merajut diperlukan hitungan-hitungan tusukan, akan tetapi bagi yang telah terbiasa merajut dapat dilakukan hanya dengan pedoman intuisi saja.

Harga alat rajut sendiri tergolong murah. Untuk satu set hakpen rajut (crochet) yang terbuat dari alumunium harganya hanya puluhan ribu rupiah saja. Sementara benang rajut yang sedikit tebal juga hanya puluhan ribu rupiah per gulungnya.

Dengan demikian, modal sebesar 1 juta rupiah sudah cukup untuk memulai usaha membuat rajutan. Anda dapat mulai merajut dari benda-benda berukuran kecil seperti misalnya kantung HP, dompet, tatakan cangkir dari rajutan, maupun jenis wadah kecil lainnya. Setelah rajutan anda jadi, anda pun dapat menjualnya secara online maupun offline, atau menerima pesanan rajutan.

3. Jualan Kaos Online (Kaos Polos untuk Distro)

Nah, usaha jualan kaos online juga dapat anda lakukan bila anda memiliki modal yang minim. Dengan modal sebesar satu juta rupiah, anda sudah dapat memulai usaha jual beli kaos polos distro secara online.

Harga kaos polos cotton tipis 30s di pasaran kurang lebih sekitar 30 ribuan rupiah. Jadi, dengan 100 ribu rupiah anda sudah bisa mendapatkan 3 kaos polos untuk anda jual.

Bisnis jual beli kaos polos biasanya diperuntukkan untuk melayani pasar kaos distro maupun para perajin sablon kaos. Saat ini sudah banyak ditemui penjual kaos polos online, selain tentunya penjual offline.

Namun, untuk mendapatkan kaos yang lebih bagus dan sesuai selera, tentunya anda dapat mengusahakan untuk mencari bahan mentahnya dan menjahitkannya sendiri dalam partai besar.

4. Jualan Stok Foto Online

Nah, ide bisnis modal kecil yang satu ini sudah pernah saya bahas sebelumnya dalam tulisan saya "5 Peluang Bisnis Online dan Usaha Rumahan Modal Kecil Tahun Ini".

Apabila anda sudah memiliki kamera pocket yang cukup lumayan, atau bahkan kamera HP yang baik dan tajam, anda dapat mulai mengambil foto untuk keperluan stock fotografi.

Apa itu stock fotografi?

Stock fotografi kurang lebih adalah cabang fotografi yang mengambil foto memang untuk keperluan mengumpulkan stok foto. Stok foto ini biasanya dipakai untuk keperluan pembuatan bahan paparan, ilustrasi report, ilustrasi editorial berita ataupun artikel-artikel lain baik di media cetak atau online.

Fotografer stok biasanya akan menjual lepas (free royalty) foto-fotonya dengan harga yang relatif lebih murah ketimbang ketika dia menjual fotonya sebagai sebuah karya seni fotografi.

Beberapa situs yang dapat anda tuju saat anda ingin menjual foto-foto stok anda antara lain Shutterstock, Foap, getty images, dan sebagainya. Harga satu foto bervariasi sesuai ukuran yang diunduh oleh pembeli, mulai dari 0.25$, 0.5$, atau sedikit lebih tinggi lagi.

Bagi anda yang tertarik, anda dapat mendaftarkan diri anda di laman ini. Namun anda perlu siapkan dulu paspor sebagai identitas internasional anda, mengingat markas Shutterstock sendiri ada di Amerika.

5. Ikuti Kontes Membuat Logo

Salah satu ide usaha lainnya dengan modal kecil adalah mengikuti kontes membuat logo secara online. Namun demikian, untuk dapat mengikuti cara ini anda minimal harus menguasai skill membuat logo di komputer.

Anda dapat mengikuti kompetisi desain logo misalnya di DesignCrowd, di 99design dan laman senada lainnya.

Pada umumnya, anda tak perlu membayar untuk dapat mengikuti kompetisi. Namun demikian, anda tetap memerlukan akses internet yang tentunya membutuhkan paket data untuk menjalankannya.

Selain itu, paling tidak anda juga perlu alat (komputer rakitan, PC built up, laptop) untuk mulai mengambil peluang ini.

Reward/imbalan untuk pemenang kontes pun tidak sedikit lho. Hadiah dari kontes logo ini cukup lumayan, dari sekitar 30-an dollar hingga ratusan dollar. Sehingga jika anda serius dan memiliki strategi jitu untuk membuat logo terbaik dan memenangkan kontes, hadiah yang akan anda dapatkan sangatlah lumayan.

B. Ide Bisnis Offline Modal Kecil

Berikut ini adalah beberapa pilihan ide bisnis atau ide usaha offline yang dapat anda mulai dengan modal kurang dari satu juta rupiah:

1. Berjualan Ikan Hias

Berjualan ikan hias adalah salah satu peluang usaha dengan modal tak begitu besar. Sebagai contoh, anda dapat mulai mengembangbiakkan ikan hias jenis cupang, atau ikan koi, ikan koki, ikan moly/black moly, ikan zebra, dan berbagai jenis ikan hias kecil lainnya.

Modal yang dibutuhkan untuk membeli ikan-ikan hias bibit pun tidak besar, hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. Hanya saja, modal yang lumayan harus dikeluarkan adalah untuk membuat kolam/akuarium dan sistem pengudaraan airnya serta biaya listrik.

Saya sendiri sudah pernah mencoba peluang usaha berjualan ikan hias, bahkan pada saat saya masih duduk di bangku SD. Saya mengembangbiakkan dan menjual ikan hias jenis kecil seperti yang saya sebutkan di atas.

Ikan Cupang [ilustrasi] (Sumber: 4361694 - pixabay)

2. Beli Alat Sablon dan Mulai Usaha Sablon (Kaos)

Nah, selain usaha menjual kaos polos untuk distro, anda pun dapat memulai usaha distro anda sendiri dengan berusaha sablon.

Anda dapat mulai membeli alat-alat sablon (screen, rakel, tinta, dan cairan film untuk screen). Dari beberapa item tersebut, harga termurah adalah rakel, alat/wadah semprot air dan sebagian tinta. Sementara item termahal adalah screen dan cairan film (saat saya dahulu mencoba usaha sablon dengan teman-teman kuliah, saya biasa memakai Ulano yang sedikit lebih mahal tapi lebih bagus dari kompetitornya).

Harga kaos polos pun tidak mahal, sehingga anda dapat mulai usaha sablon anda bahkan dengan modal kurang dari 300 ribu rupiah. Namun demikian, untuk memulai usaha ini juga diperlukan skill khusus dalam menyablon, sehingga mungkin tidak semua orang akan cocok dengan ide usaha ini.

3. Menjual bibit tanaman hias

Selain berjualan ikan hias, anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan usaha ini: berjualan bibit tanaman hias.

Sebagaimana berjualan ikan hias, modal yang diperlukan untuk berjualan bibit tanaman hias juga tidak terlalu besar. Beberapa jenis tanaman hias masih dapat dibeli dengan harga terjangkau. Dengan begitu anda sudah dapat memulai usaha ini dengan modal satu juta rupiah.

Namun demikian, salah satu syarat adalah anda merupakan probadi yang sabar, karena tingkat kecepatan pertumbuhan tanaman jauh lebih lambat dari binatang misalnya.

Keuntungannya, harga barang hobi dapat tiba-tiba suatu saat melambung tinggi, dibandingkan dengan harga pasar.

Nah demikian itulah beberapa daftar ide usaha jika di benak anda muncul pertanyaan: Punya Modal 1 Juta Rupiah, Usaha Apa yang Cocok? Kami akan terus melakukan updating terhadap artikel ini jika kami menemukan ide usaha modal kecil yang cukup menarik.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Trending Now in Indonesia

This Blog is protected by DMCA.com

Featured

BostonDynamics Lakukan Tes Kemampuan SpotMini

Popular