Sunday, December 3, 2017

SpotMini, Robot Kreasi Terbaru BostonDynamics

SpotMini kreasi robot BostonDynamics (Sumber: BostonDynamics - bostondynamics.com)

Anda yang merupakan penggemar ilmu pengetahuan dan teknologi mungkin tidak asing lagi ketika mendengar nama "Asimo". Asimo merupakan sebuah robot hasil pengembangan pabrikan terkenal Honda, yang telah memiliki kemampuan mekanisme gerakan yang cukup luwes.

Namun tahukah anda, selain nama-nama yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat dan media seperti Honda dan berbagai pabrikan lain, terdapat satu kelompok riset robotics yang mengkhususkan diri pada riset robot-robot pekerja dan robot militer?

Lain halnya bagi kalangan peneliti di bidang robotics dan artificial intelligence, nama BostonDynamics pastilah sudah sangat dikenal.

Ya, baru-baru ini, grup riset sekaligus perusahaan desain robot yang berlokasi di Amerika Serikat ini memamerkan satu lagi robot "berkaki empat" terbaru yang mereka kembangkan.

Dalam video yang diunggah di laman resminya, BostonDynamics menampilkan varian terbaru dari robot "Spot", yaitu "SpotMini". Sekilas robot yang berbentuk seperti anjing ini mirip dengan pendahulunya. Namun terlihat adanya beberapa perbedaan penampilan fisiknya.

Bagian body SpotMini dihiasi dengan eksterior berwarna kuning cerah, membuat robot ini terlihat lebih keren dan eye catching. Meskipun demikian, jangan salah, robot ini mempunyai kemampuan gerak yang cukup gesit dan agility yang baik dan natural untuk ukuran sebuah robot/mesin.

Seperti pendahulunya, robot ini terlihat mampu berlari dengan sangat lincah seperti seekor anjing. Bahkan, pada saat ia mendekati kamera, terlihat si SpotMini menekuk kaki depannya dan seakan berpose di depan kamera, sebelum kemudian berlari kembali dan menghilang di balik dinding.

Terdapat 9 varian robot yang telah dikembangkan oleh BostonDynamics selama ini. Sembilan jenis robot tersebut yaitu: RHex (robot penjelajah medan berat), SandFlea (robot yang mampu melampaui rintangan/bangunan kecil dalam sekali gerak), BigDog (robot logistik militer pembawa beban), WildCat (robot pelari cepat berkaki empat bertenaga bensin), LS3 (robot pembawa beban), Spot (robot kaki empat yang mampu bergerak seperti anjing), Atlas (robot berkaki dua berkemampuan gerak meniru kemampuan gerak manusia dirancang sebagai robot pekerja), SpotMini (generasi kedua dari Spot), dan Handle (robot yang dirancang dengan roda dan kaki serta tangan).

Si SpotMini berpose di depan kamera (Sumber: BostonDynamics - bostondynamics.com)


Sebagai sebuah produk robot, tentu lincahnya gerakan SpotMini mengingatkan kita pada robot dalam film-film fiksi ilmiah. Gerakan yang lincah selama ini baru bisa diperlihatkan dalam film-film animasi 3D saja.

Namun, saat ini apa yang telah dicapai oleh BostonDynamics dengan robot-robot ciptaannya memberikan optimisme baru di kalangan perusahaan dan industri robot. Meskipun video ini berdurasi cukup pendek, yaitu 24 detik saja, namun tentunya optimisme yang disuntikkan dengan video-video yang diunggah di channel resmi BostonDynamics kita harapkan dapat menggugah semangat kelompok riset robotik lainnya maupun industri robot lainnya secara umum.

Bagaimana di Indonesia? Semoga di Indonesia para peneliti kita dan industri terkait juga tertarik ya untuk mengembangkan teknologi robotik yang bermanfaat untuk umat manusia. :)

Berikut ini link menuju video aslinya:



jangan lupa klik like dan share ya biar semakin banyak orang tahu! :)


No comments:

Trending Now in Indonesia

This Blog is protected by DMCA.com

Featured

BostonDynamics Lakukan Tes Kemampuan SpotMini

Popular